jump to navigation

Gandrung Sebagai Maskot Pilkada Banyuwangi 2010 Mei 16, 2010

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: , , ,
trackback
gandrung banyuwangi

gandrung maskot banyuwangi

Ditetapkannya gandrung sebagai maskot dalam Pilkada Banyuwangi 2010 boleh jadi merupakan penghormatan KPUD Banyuwangi atas local genius. Dalam pleno KPUD, mereka menetapkan gambar penari gandrung yang memegang kontak suara dan alat coblos sebagai maskot penyelenggaraan Pilkada. Apa pesan yang ingin disampaikan KPUD dalam simbol ini?

Gandrung yang diartikan sebagai terpesona adalah tarian kehidupan. Setiap gerakannya mencerminkan riwayat. Sementara panggungnya keseharian. Dengan menjadikan gandrung sebagai maskot, KPUD Banyuwangi menginginkan agar partisipasi warga Banyuwangi dalam Pilkada lebih baik dari sebelumnya. Menciptakan Pilkada yang demokratis dan berkeadilan, yang dilakukan secara suka cita oleh seluruh masyarakat Banyuwangi. Seperti tarian gandrung yang menjadi ungkapan syukur masyarakat setempat dengan meluapkan kegembiraan, KPUD Banyuwangi juga menginginkan agar masyarakat benar-benar merayakan kegembiraan Pilkada dengan kegembiraan yang sama.

“Saya percaya, tari gandrung yang sudah dikenal seluruh lapisan masyarakat bisa berdampak positif terhadap pelaksanaan Pilkada. Dengan maskot penari gandrung, mudah-mudahan masyarakat bisa bahu-membahu menyukseskan Pilkada. Nilai-nilai yang terkandung dalam gandrung inilah yang ingin kita implementasikan dalam Pilkada,” ujar Ketua KPUD Banyuwangi, Syamsul Arifin.

Selain meluncurkan maskot Pilkada, KPUD Banyuwangi juga melaunching tahapan Pilkada, lagu Pilkada, hari pencoblosan dan tanggal pelaksanaan pilkda.tahapan pelaksanaan Pilkada itu sendiri dimulai sejak tanggal 9 november 2009 hingga 14 September 2010. “Pencoblosan akan dilakukan pada hari Rabu tanggal 14 Juli 2010 mendatang,”tandasnya.

Keterlibatan seluruh pihak untuk mengawal Pilkada tentu sangat penting. Karena itu pula, dalam acara tersebut, dirinya mengundang jajaran Muspida, Parpol, PPK, 18 anggota KPU Kabupaten / Kota se-Jatim, dan KPU Jatim. “Dengan acara ini, semua pihak bisa terlibat langsung untuk mensukseskan pelaksanaan Pilkada 2010,”harapnya.

Launching tahapan Pilkada dilakukan cukup sederhana. Dengan mengambil tempat di aula kantor KPU yang tidak terlalu luas untuk menampung undangan yang hadir,kursi yang disediakan praktis tidak mampu menampung jumlah undangan yang hadir. Namun demikian, kesederhanaan ini tidaklah diambil pusing.
Syamsul memang sengaja tidak menyelenggarakan launching diluar kantor KPUD Banyuwangi karena tidak memiliki anggaran. “KPUD belum mengantongi anggaran sepersen pun. Tapi kami tidak akan berhenti mempersiapkan pelaksanaan Pilkada agar prosesnya berjalan dengan benar,”tegasnya.

http://www.banyuwangikab.go.id/berita-daerah/gandrung-sebagai-mascot-pilkada-banyuwangi-2.html

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: