jump to navigation

Gebyar Kemerdekaan HUT RI Ke 64 di Banyuwangi Agustus 21, 2009

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: , ,
trackback

Bulan Agustus merupakan bulan istimewa untuk negeri kita. Hal ini berkaitan dengan hari kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 1945, sehingga setiap memasuki bulan Agustus ini setiap daerah pasti akan menyambutnya dengan berbagai kegiatan. Demikian juga yang terjadi di daerah Banyuwangi.
Semarak menyambut hari kemerdekaan sangat terasa di sini. Semua elemen masyarakat menyambutnya dengan suka cita. Kegiatan agustusan pun teramat meriah.
Kegiatan agustusan di sini menjadi semacam “rutinitas” dan “kewajiban” untuk semua kecamatan. Dengan mengacu hal ini maka semua elemen masyarakat sangat antusias sekali dalam menyambutnya. Bahkan hampir setiap sekolah selalu mengikuti kegiatan rutin yang diadakan pada tiap kecamatan yaitu lomba gerak jalan, upacara HUT RI, lomba karaoke, lomba menghias tumpeng dan karnaval.
Untuk kegiatan ini tentunya sangat membutuhkan dana yang tidak sedikit.
Pelaksanaan kegiatan agustusan ini diawali dengan lomba gerak jalan yang diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat. Gerak jalan yang pertama diawali dengan gerak jalan tingkat TK, SD. Setelah itu selang beberapa hari baru diadakan gerak jalan tingkat SMP, SMA dan Umum. Setelah itu baru diadakan lomba lainnya dan puncak dari acara kegiatan agustusan adalah karnaval. Untuk acara karnaval merupakan acara yang dinanti-nanti semua masyarakat. Dengan adanya karnaval masyarakat mendapat hiburan gratis yang hanya bisa dinikmati setahun sekali.
Untuk karnaval kali ini sangat meriah karena dimulai dengan lomba parade drumband yang diikuti sekitar 9 drumband se kecamatan dari tingkat SD, SMP dan SMA. Musik yang dibawakan oleh peserta marching band pun sangat beragam, tetapi rata-rata menggunakan musik khas banyuwangi yaitu kendang kempul.Pokoknya sangat meriah dan rame. Meski suasana panas tetap saja penonton berantusias untuk melihat parade drumband. Setelah parade drumband selesai barulah dimulai karnaval dengan tema kerajaan blambangan, pahlawan blambangan, menyambut ramadhan, haji dan sebagainya. Untuk kali ini sekolahku mengambil tentang keanekaragaman budaya yang ada di Banyuwangi dan hasilnya sangat mengejutkan bahwa sekolahku menjadi juara satu tingkat kecamatan. Duh senangnya..ini merupakan buah dari kerja keras segenap dewan guru. Semoga di tahun mendatang pun sekolah ku bisa menjadi juara lagi..itu pun kalau ada karnaval lagi…;)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: