jump to navigation

Bertahan Hidup Setelah PHK Maret 12, 2010

Posted by idayantie in karir.
Tags: , ,
trackback

Sebelumnya CyberNews telah membahas kiat-kiat menghindari PHK. Tak dipungkiri jika harus menghadapi kenyataan terburuk dalam hidup Anda yaitu kehilangan pekerjaan. Label pengangguran pun siap-siap harus disandang, dan banyak pertanyaan pun mengiringi, tentang bisakah Anda membayar tagihan, atau kemana setelah ini Anda akan bekerja.

Jangan keburu panik dan berputus asa. Anda harus tetap memiliki semangat bahwa ini bukan berarti mimpi buruk bagi hidup Anda ke depannya nanti. Banyak yang telah mengalami PHK, dan hal yang harus dilakukan setelah itu adalah cara bertahan hidup sampai batas yang tidak (bisa) ditentukan.

1. Segera cari pekerjaan

Mulailah dari berbagai macam cara, berlangganan koran, mengunjungi bursa kerja, kampus almamater, juga browsing Internet atau mengikuti milis job hunter. Jalinlah jaringan seluas-luasnya.

2. Susun rencana keuangan

Tentang anggaran yang ada dan semakin menipis itu memang akan Anda hadapi, karena faktanya Anda memang harus membayar segala tagihan yang ada, juga membeli kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Susun kembali anggaran rumah tangga, optimalkan uang yang ada untuk memenuhi segala kebutuhan. Buat juga daftar semua pengeluaran dan sumber pendapatan Anda.

3. Jauhkan sementara segala pinjaman

Ini termasuk kartu kredit atau pinjaman kredit rumah. Gunakan kartu kredit hanya untuk keperluan yang sangat medesak saja, maklum repayment capacity Anda sangat kecil, dan itu berarti Anda harus bisa menghindari kartu kredit sebisa mungkin.

Tutuplah beberapa kartu kredit yang sudah Anda punya dan sisakan beberapa saja. Pilih kartu kredit yang paling kecil bunganya. Tutup kartu kredit yang lain dan alihkan tagihannya ke kartu kredit yang Anda pertahankan.

4. Seleksi segala kebutuhan yang penting

Lakukanlah penyeleksian mana kebutuhan yang benar-benar penting atau hanya sebagai pelengkap saja. Ini bisa mengurangi pengeluaran harian atau bulanan Anda. Tutup membership yang tidak perlu dan kurangi makan diluar. Hal ini diperlukan agar Anda bisa mengendalikan kehidupan finansial terutama saat mebghadapi keadaan ekonomi yang tidak pasti.

5. Manfaatkan tabungan

tabungan diperlukan sebagai dana untuk keperluan mendesak. Gunakanlah di saat-sata ekonomi rumah tangga sedang terganggu gara-gara PHK. Dalam keadaan seperti ini, cadangan dana Anda ini dapat digunakan untuk bertahan hidup sementara tanpa pekerjaan.

6. Jalani pekerjaan paruh waktu

Daripada Anda tertekan psikis dan lalu depresi menunggu wawancara pekerjaan, kenapa tak mencoba untuk menjalani dulu pekerjaan paruh waktu. Part time job ini justru bisa membuka peluang Anda diangkat sebagai pegawai tetap, atau setidaknya ini menunjukkan pada perusahaan lain (saat mengajukan lamaran) bahwa Anda rajin dan sangat produktif. Ingat, buatlah diri Anda merasa berguna dan produktif meski Anda baru saja kehilangan pekerjaan.

Intinya, kunci menghadapi kenyataan pahit kehilangan pekerjaan adalah Anda harus berpikir kreatif dan tak berhenti untuk berusaha. Kehilangan pekerjaan mungkin buruk, tapi ambil saja sisi positifnya, bahwa inilah saatnya Anda memulai sesuatu yang baru. Apapun itu. Jangan pernah berhenti dan berdiam diri, merenungi nasib.

Pasrah saja tak akan memberikan jawaban atas permasalahan yang membelit Anda setelah PHK. Berusahalah membuat hidup Anda justru lebih baik lagi meski itu terkadang sulit. Susunlah rencana baru dan mendekatlah pada orang-orang yang selalu menyemangati dan mendukung tujuan Anda, entah itu keluarga dekat, sahabat, motivator, pelatih atau guru Anda. Pelihara juga sikap positif dalam diri Anda maka Anda akan berhasil berjalan di rute menuju keberhasilan.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: