jump to navigation

Pengamanan Ketapang Diperketat Jelang Kedatangan Obama Maret 13, 2010

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: , , ,
trackback

BANYUWANGI – Menjelang kedatangan Presiden AS Barack Hussein Obama di Bali, pengamanan pelabuhan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk terus ditingkatkan. Polres Banyuwangi menerjunkan personel tambahan untuk mengamankan pelabuhan yang menghubungkan Pulau Jawa dan Bali itu sejak kemarin (13/3).

Selama ini, pengamanan pelabuhan Ketapang hanya dilakukan oleh 180 personel dari Polsek KPPP Tanjung Wangi. Namun sejak kemarin, jumlah personelnya di Ketapang ditambah menjadi 250 orang. Pasukan tambahan itu didatangkan dari Polres Banyuwangi.

Setelah kekuatan ditambah, polisi langsung melakukan sweeping penumpang kendaraan yang akan masuk Bali. Satu per satu, kendaraan dihentikan dan di periksa seluruh barang bawaan yang ada dalam kendaraan.

Kendaraan barang dan bus umum juga tidak luput pemeriksaan polisi. Seluruh penumpang bus diperintahkan turun dari kendaraan, untuk diperiksa satu per satu. Mereka semua wajib melewati security door yang disiapkan petugas.

Kapolres Banyuwangi AKBP Slamet Hadi Supraptoyo turun langsung memimpin aksi sweeping yang digelar setelah salat Jumat tersebut. Menurutnya, aksi sweeping itu merupakan action dari operasi Aman Nusa 7 yang digelar Polda Jawa Timur menjelang kedatangan Presiden Barack Obama di Indonesia.

Aksi sweeping yang digelar di pelabuhan Ketapang, kata Slamet, merupakan bentuk pengamanan, pencegahan, deteksi dini dan penegakan hukum. Karena itu, ada beberapa sasaran yang menjadi tugas khusus personel yang diterjunkan.

Beberapa sasaran khusus itu adalah pemantauan terhadap penyelundupan senjata api (senpi), bahan peledak, dan benda-benda lainnya yang dapat digunakan teroris untuk menciptakan kekacauan. Sasaran lainnya, memantau kegiatan orang atau kelompok orang yang memiliki potensi menciptakan gangguan Kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat). “Kita deteksi sedini mungkin, agar tidak sampai terjadi kekacauan yang bisa mengganggu rasa aman masyarakat,” ujar Kapolres.

Meski pengamanan pelabuhan di tingkatkan, kata Slamet, namun Polres Banyuwangi tidak sampai mendatangkan pasukan dari luar. Polres masih memaksimalkan potensi sendiri yang dimiliki.

Selain melihat kesiapan pengamanan kedatangan Obama, Kapolres Slamet juga melihat persiapan pengamanan Hari Raya Nyepi.

Satu per satu fasilitas yang ada di pelabuhan diperiksa agar Hari Raya Nyepi berlangsung aman dan tenteram. Sesuai dengan surat edaran Gubernur Bali, kegiatan penyeberangan Ketapang-Gilimanuk ditutup sementara sejak 15 Maret 2010 malam.

Penutupan penyeberangan itu dilakukan, terkait dengan perayaan Hari Raya Nyepi yang jatuh pada tanggal 16 Maret 2010 mendatang. Terkait dengan penghentian sementara penyeberangan itu, Kapolres Slamet mengimbau agar masyarakat yang akan berangkat ke Bali sebaiknya berangkat sebelum pukul 23.00 tanggal 15 Maret mendatang. Karena jika lebih dari jam itu, pelabuhan sudah ditutup.

Kepada penumpang kapal yang terlambat menyeberang, pihak Indonesia Fery sudah menyediakan tempat khusus untuk parkir kendaraan. Selama proses menunggu pelabuhan dibuka kembali, Indonesia Fery sudah menyiapkan tim khusus untuk mengamankan penumpang yang menunggu dibukanya penyeberangan. “Kita siapkan petugas Polantas maupun dari kesatuan lainnya,” tambah Kapolres Slamet. (afi/bay)

sumber : http://www.jawapos.co.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: