jump to navigation

Tidak Lulus UNAS Masih Bisa Ujian Ulang Maret 19, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: , , ,
trackback

Peserta ujian nasional (UN) kini tak perlu khawatir bila dalam ujian hasilnya kurang memuaskan. Sebab, masih ada kesempatan bagi peserta UN untuk ikut ujian ulang untuk mata pelajaran yang nilainya jelek.

Menurut Kabid SLTP/SLTA Dispendik Jember I wayan Wesa Atmadja, ujian ulang tersebut berlaku untuk mata pelajaran yang tidak lulus. “Siswa yang tidak lulus memang masih bisa mengikuti ujian ulang. Baik satu mata pelajaran yang tidak lulus atau yang lainnya,” ujarnya.

Dikatakan, untuk standar kelulusan tahun ini, pemerintah menetapkan angka 5,50 sebagai rata-rata kelulusan. Minimal, siswa harus memperoleh angka 4,25 di setiap mata pelajaran. “Ada kebijakan baru, sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional. Jika siswa memperoleh nilai 4,00 tetap bisa lulus jika rata-ratanya mencapai 5,50,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk siswa yang bisa lulus dengan nilai 4,00 baru bisa lulus jika hanya 2 mata pelajaran yang mendapatkan nilai tersebut. Sebab, siswa harus tetap memenuhi rata-rata minimal yang ditentukan oleh Diknas yakni, 5,50.

“Kalau lebih dari itu tentu siswa harus mengikuti ujian ulang. Tapi ujian ulang itu hanya berlaku untuk mata pelajaran yang memperoleh nilai di bawah standar. Jadi tidak semuanya harus diulang oleh siswa,” paparnya.

Khusus untuk siswa SMK, kata dia, harus mendapatkan nilai 7,00 pada ujian praktik sesuai dengan jurusannya masing-masing. Mata pelajaran yang ditempuh oleh siswa SMA sederajat memang ditentukan dengan jurusan masing-masing. Dia mencontohkan, siswa SMA jurusan IPA, akan menempuh mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Fisika, Kimia, serta Biologi.

“Berbeda dengan jurusan IPS yang harus mengerjakan Sosiologi, Geografi dan Ekonomi. Kesamaannya cuma terletak di mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” tuturnya.

Wayan mengatakan, pelaksanaan ujian ulang tersebut jaraknya sekitar satu bulan dari pengumuman nilai kelulusan siswa. “Untuk siswa sekolah menengah atas, rencananya ujian perbaikan akan digelar pada 10 hingga 14 Mei 2010, sedangkan tingkat sekolah menengah pertama dilaksanakan pada 7 hingga 20 Mei 2010,” sesuai dengan keputusan Menteri Pendidikan Nasional,” tukasnya.

Namun, dia berharap, UN kali ini seluruh sekolah di Jember dapat meluluskan siswanya 100 persen. Sebab, dia optimistis dengan persiapan yang dilakukan sekolah-sekolah. Baik tingkatan SMP maupun SMA. “Saya yakin siswa-siswi di Jember bisa lulus seratus persen tahun ini,” tegasnya. (fit)
sumber: radar jember

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: