jump to navigation

Wartawan Mengeluh Tak Bisa Ambil Gambar Maret 23, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: , ,
trackback

LUMAJANG – Pelaksaan ujian nasional (unas) SLTA kemarin (22/3) mestinya menjadi momen yang paling baik untuk memburu berita dan foto. Tapi, tidak demikian dengan para wartawan di Lumajang. Akibat pengawasan unas yang sangat ketat, para pekerja media tidak diizinkan mengambil gambar atau foto siswa yang tengah mengerjakan soal unas.

Harry, wartawan dari media online, tidak bisa menyembunyikan raut kekecewaannya. Dia dilarang untuk mengambil gambar siswa yang sedang mengikuti unas di SMAN 1 Lumajang dan SMKN 2 Lumajang. Padahal, dia sudah meminta izin mengambil gambar dari luar. “Kita tidak mau masuk (ruangan),” ungkapnya.

Jika masuk ruangan, lanjut dia, sejak dulu memang tidak diizinkan karena mengganggu konsentrasi siswa yang sedang melaksanakan soal. Tapi, jika mengambil gambar dari luar ruangan mestinya diperkenankan. “Padahal, di daerah lain tidak apa-apa. Saya sudah tanya sama teman-teman,” keluhnya.

Yang paling parah dialami reporter sejumlah stasiun televisi. Gara-gara tidak bisa mengambil gambar, mereka tidak bisa liputan. Muhammad Arifulin, reporter JTV, menyesalkan sikap sekolah yang terkesan terlampau protektif.

Selama tidak masuk ruang ujian dan tidak berisik, lanjut dia, mestinya wartawan tetap dibolehkan mengambil gambar. Akibat penjagaan yang ekstraketat itu, reporter yang biasa disapa Arif tersebut mengaku tidak bisa liputan unas. “Kita orang dari media elektronik, no picture no news,” cetusnya.

Penjagaan ekstraketat yang dilakukan pihak sekolah tersebut membuat kalangan wartawan curiga. Harry mengaku, bisa jadi larangan itu sudah dikoordinasikan agar kecurangan-kecurangan selama unas tidak terekspos. “Mungkin saja,” timpal Arif. (wan)
sumber : radar jember

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: