jump to navigation

Beredar SMS Kunci Jawaban Unas Maret 24, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: ,
trackback

BANYUWANGI – Kunci jawaban soal mulai beredar pada hari kedua pelaksanaan ujian nasional (Unas) di Banyuwangi kemarin (23/3). Meski begitu, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) menegaskan bahwa kunci jawaban yang beredar melalui short message service (SMS) atau pesan ponsel itu menyesatkan.

Sebagian siswa SMA dan SMK di Banyuwangi menerima SMS kunci jawaban Unas yang menyesatkan semacam itu. Salah satu siswa yang menerima SMS berisi kunci jawaban Unas itu adalah AKS. Dia tercatat sebagai siswa sebuah SMK di Banyuwangi. Menurutnya, pesan singkat berisi kunci jawaban tersebut sebenarnya sudah beredar sejak hari pertama Unas Senin lalu (22/3). SMS kunci jawaban itu masuk melalui ponsel menjelang ujian dimulai. “Hari pertama kemarin (Senin), masih tidak ada razia ponsel,” ujarnya.

Dia juga mengakui bahwa SMS berisi jawaban soal Unas tersebut juga diterima semua teman sekelasnya. Pesan singkat itu selalu diterima pada masing-masing pelajaran. Namun, setelah dicocokkan dengan jawaban yang dikerjakan sendiri, ternyata kunci jawaban yang beredar melalui SMS itu sangat berbeda. Sejak saat itu, AKS dan teman-temannya mengambil kesimpulan bahwa SMS tersebut merupakan pesan menyesatkan.

Sementara itu, YSR, siswa sebuah SMK di Banyuwangi, juga mengaku menerima SMS serupa di ponselnya. Teman sekelasnya pun menerima pesan yang sama sebelum ujian dimulai.

Sayangnya, dia kesulitan melacak sumber SMS tersebut. Sebab, pesan berisi kunci jawaban yang menyesatkan tersebut telah dikirim secara berantai. Hingga hari kedua Unas kemarin, YSR masih menerima SMS semacam itu. Tetapi, dia mengaku tidak pernah menggunakannya, karena justru takut salah. “Dari awal sudah salah semua, dan tidak sama dengan jawaban saya. Jadi untuk selanjutnya, saya tidak menggubrisnya,” tuturnya.

Kejadian serupa juga dialami KN, siswa sebuah SMA di Banyuwangi. US, siswa di sebuah SMK di Banyuwangi, juga menerima pesan singkat semacam itu.

Kepala Dispendikpora Banyuwangi, Sulihtiyono, menegaskan bahwa tidak mungkin ada kebocoran kunci jawaban Unas. Sebab, kunci jawaban untuk Unas masih belum dibuat dan juga belum dicetak. Oleh karena itu, apabila ada kunci jawaban Unas yang menyebar di kalangan siswa, berarti itu kunci yang menyesatkan. “Jangan mudah percaya saat menerima SMS yang serupa,” ujarnya saat ditemui di kantornya kemarin.

Sulihtiyono menambahkan, masyarakat harus mewaspadai beredarnya SMS yang menyesatkan semacam itu. Menurutnya, hal itu hanya perbuatan orang yang berniat tidak baik. Mereka seolah tahu jawaban yang benar, padahal justru menyesatkan.

Oleh karena itu, Dispendikpora akan tegas apabila menemukan siswa yang membawa ponsel ke dalam ruang ujian. “Sanksinya berupa pembinaan. Apabila masih terus melanggar, peserta bisa didiskualifikasi dari Unas,” ujarnya. (mg2/bay)
sumber : radar banyuwangi

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: