jump to navigation

Belum Temukan Kecurangan Unas SMP Maret 30, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: , ,
trackback

Mendiknas-Menag Sidak secara Terpisah

JAKARTA – Belum ada indikasi kebocoran pada ujian nasional (unas) SMP/MTs dan SMPLB hari pertama kemarin (29/3). Itu diungkapkan Mendiknas Mohammad Nuh dan Menteri Agama Suryadharma Ali saat melakukan sidak (inspeksi mendadak) secara terpisah ke beberapa sekolah di Jakarta.

Inspeksi dilakukan Nuh di SMPN 19 Jakarta. Nuh melihat panitia pelaksana membagikan naskah ujian ke sekolah-sekolah pada pukul 5.30. ”Semua sudah sesuai prosedur. Proses disaksikan tim pemantau independen dan kepolisian,” ujarnya.

Menurut Nuh, yang dilakukan SMPN tersebut sudah tepat. Nuh mengatakan tidak sehat jika naskah ujian terlalu lama disimpan di sekolah. ”Jika terlalu lama, malah memacu potensi kecurangan,” katanya.

Sementara itu, Suryadharma Ali melakukan sidak di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Jakarta. Pria yang akrab disapa dengan SDA tersebut mendorong MTs agar tidak kalah dengan sekolah umum. ”Sistem pendidikan berbasis agama justru memberikan keseimbangan ilmu,” ujarnya.

Menurut SDA, tidak banyak MTsN yang mampu mempertahankan kualitas hingga bisa menyaingi sekolah umum. Dia justru mengapresiasi munculnya MTs swasta yang dibangun organisasi, masyarakat, atau lembaga. ”Masyarakat berbondong-bondong ingin bersekolah di MTs,” tuturnya.

MTsN di Indonesia hanya 8,5 persen. Angka itu tidak sebanding dengan MTs swasta yang jumlahnya mendominasi, yakni sekitar 91,5 persen. ”Ini juga tugas pemerintah untuk memeratakan pendidikan di Indonesia,” ungkap SDA di sela sidak.

Meski begitu, selama sidak kemarin, SDA belum menemukan indikasi kecurangan dan kebocoran. Dia melihat, tidak ada panitia yang membawa ponsel saat menjaga ruang ujian. ”HP siswa juga dikumpulkan menjadi satu. Tidak ada seorang pun yang menyelipkan HP-nya ke dalam ruangan,” tuturnya. (nuq/c7/dwi)
sumber : http://www.jawapos.co.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: