jump to navigation

Pencalonan Ratna Kandas April 20, 2010

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: , , ,
trackback

BANYUWANGI-Setelah bersama hampir lima tahun, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Nuris akhirnya ‘bercerai’ dengan Bupati Ratna Ani Lestari. Perceraian politik itu ditandai dengan keputusan Yusuf untuk bergabung dengan Cabup Jalal.

Sebelum mendampingi Jalal, Yusuf memang memutuskan untuk maju kembali dengan Bupati Ratna melalui jalur cabup independen. Hanya, pasangan cabup independen ini otomatis kandas.

Selain itu, dukungan yang sah pasangan Ratna dan Yusuf itu hanya 15.828 orang. Padahal sebelumnya, mereka sudah menyerahkan 56.392 daftar pendukung ke KPU. Untuk bisa lolos menjadi calon, maka Ratna harus melengkapi dukungan sekitar 32.172 ribu lebih pendukung. Jika mampu melengkapi kekurangan itu, pasangan Ratna-Nuris bisa melenggang maju sebagai cabup. Jika tidak, maka secara otomatis, pasangan incumbent akan gugur.

Kini, semua ketentuan itu sudah tidak berlaku lagi. Sebab, Nuris sudah menyatakan mundur dari pencalonan sebagai cawabup memulai jalur independen. Padahal, pasangan calon independen tidak boleh mengundurkan diri setelah memasukkan calon pendukungnya ke KPU. Jika salah satu mengundurkan diri, maka tidak boleh mengganti pasangan. “Dengan demikian, calon yang bersangkutan secara otomatis gugur,” jelas Ketua KPU Banyuwangi, Syamsul Arifin.

Pengunduran diri Nuris sebagai cawabup independen, otomatis mengandaskan ambisi Ratna maju lagi sebagai cabup melalui jalur independen. Ratna tidak bisa melanjutkan melalui jalur independen, karena pasangannya mengundurkan diri. “Dalam aturan, pasangan cabup perseorangan tidak boleh mengganti pasangan di tengah jalan,” jelas Syamsul.

Larangan untuk berganti pasangan itu, kata Syamsul, diatur dalam Peraturan KPU Nomor 68/2009 pasal 27. Dalam pasal itu disebutkan, apabila salah satu pasangan calon perseorangan atau pasangan calon perseorangan berhalangan tetap, atau mengundurkan diri pada jangka waktu proses verifikasi, pasangan calon tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat. Dan tidak dapat diganti oleh calon lain.

Menurut Syamsul, ketentuan pasal itu sudah jelas. Karena salah satu pasangan Ratna mundur, maka dianggap tidak memenuhi syarat. Pengunduran Nuris terjadi pada jangka waktu proses verifikasi. “Pasangan calon perseorangan Ratna sudah tidak memenuhi syarat. Kalau ingin tetap maju, ya harus melalui kendaraan parpol,” tegas Syamsul.

Sementara itu, Wabup Yusuf Nuris membenarkan kalau dirinya sudah mengundurkan diri sebagai calon wabup Ratna Ani Lestari lewat jalur independen. Menurut Nuris, pilihan untuk maju bersama dengan Cabup PD, Jalal merupakan realitas dan sejarah politik yang harus dijalaninya.

Nuris memilih Jalal, karena visi dan misinya seleras dengan visi dan misi pemerintahan yang dipimpinnya bersama Bupati Ratna saat ini. Karena kesamaan visi perjuangan itu, maka dia memutuskan bergabung dengan Jalal dan memutuskan mundur sebagai cawabup independen bersama Ratna.

Politisi yang akrab disapa Gus Yus itu mengaku sudah memberitahukan hal itu kepada Bupati Ratna. Bahkan, Gus Yus mengklaim Bupati Ratna sudah memahami keputusan yang diambilnya untuk bergandeng tangan dengan Jalal.

Menurut Gus Yus, Bupati Ratna juga menyampaikan keikhlasannya untuk berpisah secara baik-baik. Karena itu, Gus Yus menyampaikan ucapan terima kasih pada Ratna karena telah memahami keputusan dirinya untuk bergabung dengan Jalal. “Ini sejarah bagi kami yang harus dijalani,” tegasnya.

Meski Gus Yus sudah resmi bercerai, namun Ratna sendiri hingga berita memutuskan apakah akan melanjutkan pencalonan lewat parpol atau tidak. Informasi yang berkembang, Ratna akan loncat ke Partai Golkar bersama parpol nonparlemen untuk melanjutkan pencalonan.

Namun hingga pukul 18.00 tadi malam, Ratna belum mendaftarkan diri ke KPU. Kabarnya, Ratna masih membangun deal politik dengan Golkar dan beberapa parpol non parlemen. KPU masih membuka kesempatan cabup untuk mendaftar hingga pukul 24.00 tadi malam. (afi/bay)
Sumber : Radar Banyuwangi, 20 April 2010

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: