jump to navigation

SMK Swasta Dominasi 10 Besar Hasil Unas April 26, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: , ,
trackback

SEKOLAH-sekolah swasta unjuk gigi tahun ini. Hasil ujian nasional (unas) tingkat SMA/MA/SMK menunjukkan hasil positif bagi sekolah non-negeri itu. Dari sepuluh besar SMK, misalnya, delapan sekolah didominasi SMK swasta.

SMK-SMK swasta tersebut tidak sekadar mendominasi dalam segi jumlah, tapi juga dominan dalam urutan empat besar. SMK Bina Farma Madiun menempati peringkat pertama se-Jawa Timur. Sekolah ini meraih nilai total (rata-rata sekolah) 42,58. Sekolah tersebut juga meluluskan siswanya 100 persen.

Prestasi tak kalah hebat juga ditunjukkan siswa SMK PGRI 3 Lamongan yang menduduki peringkat kedua dengan nilai 42,36. Urutan ketiga diduduki SMK NU Lamongan dengan nilai 41,86. Lalu, SMK Farmasi Sekesal Surabaya dengan nilai 41,77. Baru di posisi kelima diisi SMK Negeri 1 Pungging, Mojokerto.

”Daftar ranking sekolah ini menunjukkan bahwa tidak ada diskriminasi dalam pembinaan sekolah. Ini bukti bahwa sekolah negeri maupun sekolah swasta sama-sama punya hak yang sama,” kata Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Suwanto.

Selain SMK Negeri 1 Pungging, SMK negeri yang masuk peringkat sepuluh besar adalah SMK Negeri 2 Buduran, Sidoarjo, yang berada di posisi kesembilan.

Peringkat SMK Negeri 2 Buduran masih di bawah SMK Muhammadiyah 2 Lamongan yang berada di tempat keenam. Di samping itu, di bawah SMK Wachid Hasyim Bangil, Pasuruan, dan SMK Islam Tikung, Lamongan, yang berada di posisi ketujuh serta delapan. Sedangkan posisi kesepuluh ditempati SMK Telkom Sandy Putra, Malang, yang tahun lalu berada di urutan pertama.

Dengan fakta tersebut, Dinas Pendidikan Jatim berharap masyarakat tidak lagi memandang sebelah mata sekolah swasta. ”Masyarakat harus terbuka pikirannya dengan hasil ini. Jadi, jangan hanya terpaku pada sekolah-sekolah negeri. Sekolah swasta juga bisa menghasilkan lulusan yang andal,” ujar Suwanto. (fim/c2/ari)
Sumber: http://www.jawapos.co.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: