jump to navigation

Survei LSI, Anas Unggul April 29, 2010

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: ,
trackback

Bacabup Incumbent Ratna Mengejar

BANYUWANGI – Perebutan kursi Bupati Banyuwangi bakal berlangsung ketat. Hasil survei yang dilakukan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Maret 2010 lalu meyebutkan, posisi bacabup PDIP, PKB, PKS, dan PKNU kubu Achmad Wahyudi, Abdullah Azwar Anas, berada di peringkat teratas dengan 25,1 persen pemilih.

Peringkat kedua ditempati bacabup incumbent, Ratna Ani Lestari, dengan 12,9 persen. Sementara itu, posisi ketiga ditempati bacabup Partai Gerindra, PAN, RepublikaN, dan lima parpol nonparlemen, Emilia Contessa, dengan dukungan 7,0 persen. Posisi bacabup Partai Demokrat, Jalal, dipilih sekitar 4,6 persen responden, sehingga berada di urutan keempat.

Maret lalu, ada sekitar 12 bakal calon yang disurvei. Namun, hanya empat calon itu yang mendapat perhatian besar dari calon pemilih pilkada 14 Juli mendatang. Posisi empat calon itu besar kemungkinan masih akan berubah. Sebab, saat disurvei Maret lalu, calon pemilih yang belum memutuskan pilihannya masih tinggi, yakni 43,4 persen.

Saat itu, LSI sempat melakukan survei dengan jumlah calon lebih sedikit, yakni kombinasi tujuh calon yang dibagi jadi dua paket. Paket pertama, Anas, Emilia, Ratna, Michael Edi Hariyanto, Satiyem, Ludiro Prajoko, dan Sjaifunnar Hadyun. Hasilnya tetap menempatkan Anas paling atas dengan 27,0 persen. Posisi kedua tergantikan Emilia dengan 14,0 persen. Sementara, Ratna terlempar ke posisi ketiga dengan 7,6 persen. Empat calon yang lain tidak mendapatkan perhatian calon pemilih.

Survei paket kedua, dengan kombinasi tujuh calon, Ratna, Jalal, Anas, Misbah Imam Sobari, Erna Padmi Andajaningrum, Dadang Wahyu, dan Sandi Suwardi Hasan. Hasilnya, Anas unggul dengan 27,1 persen. Disusul Ratna 14,1 persen dan Jalal 3,2 persen. Empat calon yang lain kurang dilirik calon pemilih.

LSI juga melakukan survei dengan kombinasi tiga calon. Kombinasi pertama terdiri atas Emilia, Jalal, dan Anas. Kombinasi kedua terdiri atas Ratna, Anas, dan Emilia. Kombinasi ketiga adalah Anas, Satiyem, dan Michael.

Pada kombinasi pertama, hasil survei masih menempatkan Anas sebagai pemenang dengan 28,2 persen, Emilia 8,2 persen, dan Jalal 4,3 persen. Responden yang belum memutuskan sekitar 59,3 persen. Kombinasi kedua, Anas kembali unggul dengan 28,6 persen. Disusul Ratna 13,4 persen dan Emilia dengan 8,9 persen.

Kombinasi ketiga, Anas juga tetap unggul dengan 31,0 persen, Satiyem 0,7 persen, dan Michael 0,5 persen. Calon pemilih yang belum menentukan pilihan 67,8 persen.

Metodologi survei yang dilakukan LSI adalah metode sampling dan multistage random sampling. Jumlah responden awal sekitar 440 responden. “Wawancara tatap muka menggunakan kuesioner, dan margin of error kurang lebih 4,8 persen,” ungkap Direktur Eksekutif LSI, Denny JA.

Bagaimana tanggapan Anas? Bacabup yang akrab disapa Kang Anas itu mengaku tidak terlena dengan hasil survei LSI tersebut. Anas dan timnya menyadari bahwa hasil survei itu belum final, karena calon pemilih yang belum memutuskan pilihan masih tinggi.

Oleh karena itu, Anas akan terus bekerja untuk meningkatkan kepercayaan calon pemilih agar pemilih yang belum memutuskan pilihannya mempertimbangkan pasangannya untuk dipilih.

Menurut Kang Anas, hasil survei itu masih mungkin berubah setiap saat. Untuk itu, pasangan Anas-Yusuf Widyatmoko akan terus bekerja keras untuk meningkatkan elektabilitasnya hingga mendekati pilkada 14 Juli mendatang. (afi/irw)
sumber : radar banyuwangi, 28 April 2010

Komentar»

1. Haris Istanto - April 29, 2010

Posting yang menarik, semoga sukses.
Silahkan kunjungi Blog kami http://www.harisistanto.wordpress.com, baca posting baru hari ini berjudul : “Analisa usaha cuci sepeda motor (lanjutan)”, serta artikel lain yang menarik, dan kalau berkenan mohon diberi komentar. Terima kasih.


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: