jump to navigation

Hanya 3 Calon Penuhi Syarat Mei 6, 2010

Posted by idayantie in berita di Banyuwangi.
Tags: , ,
trackback

Mulyono dan Ratna Belum Lengkap

BANYUWANGI-Syarat dukungan partai politik (parpol) pengusung dua pasangan bakal cabup tidak memenuhi syarat. Tiga pasang bakal cabup yang lain, syarat dukungan parpol sudah tidak ada persoalan.

Namun demikian, dari tiga pasang bakal cabup yang lolos syarat dukungan parpolnya, hanya satu pasangan yang lolos seratus persen. Dia adalah pasangan bakal cabup yang diusung PDIP, PKB, PKS, PKNU kubu Wahyudi, dan Partai Golkar, Abdullah Azwar Anas dan Yusuf Widyatmoko.

Pasangan Anas-Yusuf dinyatakan lolos seratus persen syarat administrasinya oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Dengan demikian, bakal cabup yang mengenalkan diri dengan sebutan Dahsyat itu tidak perlu melakukan perbaikan.

Bakal calon lain yang lolos 100 persen syarat administrasinya adalah, bakal cawabup HA. Zainuri Ghazali. Bakal cawabup yang diusung Partai Gerindra, PAN, RepublikaN, dan Aliansi Partai Non-Parlemen itu dinyatakan lolos syarat administrasi sebagai bacawabup pendamping Emilia Contessa.

Sementara itu, Emilia Contessa masih belum lolos syarat administrasi, sehingga harus melakukan perbaikan. Sebab, fotokopi ijazah dan transkrip seluruh jenjang pendidikan dianggap belum memenuhi syarat.

Belum memenuhi syarat, karena fotokopi ijazah dan transkrip SMA harus legalisasi terbaru. Sementara itu legalisasi ijazah SMA Emil yang diserahkan ke KPU dilegalisasi tahun 2008. Pihak KPU meminta agar fotokopi ijazah SMA itu dilegalisasi lagi.

Pasangan bakal cabup Partai Demokrat (PD) H. Jalal dan Yusuf Nuris juga masih harus memperbaiki persyaratan. Syarat dukungan parpol pengusung, tidak ada persoalan.

Bacabup Jalal, syarat administrasinya kurang, yaitu tentang pernyataan perubahan nama dari Djalal menjadi Jalal. Pernyataan itu harus terdaftar di Pengadilan Negeri (PN). “Kita hanya ingin mengetahui nama yang benar. Kok dalam syarat administrasi yang diserahkan ke KPU namanya berbeda,” ujar anggota KPU Suherman.

Bacawabup Yusuf Nuris kurang dua syarat, yakni surat keterangan tidak pernah dijatuhi hukum pidana, dan fotokopi tanda terima SPPT. Keduanya dianggap belum memenuhi syarat dan harus dilakukan perbaikan.

Pasangan bacabup yang syarat dukungan parpol belum memenuhi syarat adalah Brigjen (Pur) Mulyono-Untung Harjito dan Ratna Ani Lestari-Pebdi Arisdiawan. Kedua pasangan tersebut dinilai KPU dukungan parpol pengusungnya belum memenuhi syarat, dan harus dilakukan perbaikan.

Mulyono-Untung Harjito diusung PKNU, PPP, dan Hanura. Ratna-Pebdi diberangkatkan oleh Partai Golkar dan Aliansi Partai Politik Non-Parlemen (APPNP).

Pasangan Mulyono, parpol pendukung yang bermasalah adalah PKNU. Parpol ini memberikan dukungan kepada dua pasang cabup. Selain kepada Mulyono, PKNU juga memberikan dukungan kepada Abdullah Azwar Anas. Jika PKNU gugur, maka secara otomatis tiga parpol lain tidak memenuhi akumulasi 15 persen kursi DPRD.

Begitu juga dengan pengusung pasangan Ratna-Pebdi. Partai Golkar juga memberikan dukungan ganda. DPD Golkar Banyuwangi mengusung Ratna -Pebdi, sedangkan induk partainya mendukung Anas-Yusuf.

Jika Golkar gugur sebagai pengusung, maka suara APPNP tidak memenuhi syarat 15 persen akumulasi suara sah pada pemilu 2009. “Itu semua persoalan internal partai. KPU tidak terlibat dalam persoalan internal pengusung,” tegas Suherman.

Diharapkan semua pasang calon memperbaiki persyaratan hingga 11 Mei. Untuk syarat dukungan parpol pengusung, KPU minta agar diselesaikan di internal partai. Untuk syarat administrasi yang lain, bakal calon bisa menyelesaikan sendiri.

Pihaknya akan menunggu perbaikan itu hingga 11 Mei. Pasangan yang bisa memenuhi syarat yang kurang, maka akan lolos. Yang tidak bisa memenuhi syarat, KPU akan mengembalikan kepada aturan yang ada. “Silakan calon menyelesaikan urusan internal bersama parpol pengusung untuk memperbaiki dukungan parpol,” tegasnya. (afi/bay)
sumber : radar banyuwangi, 6 mei 2010

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: