jump to navigation

1.302 Siswa Mengulang Unas Mei 8, 2010

Posted by idayantie in Pendidikan.
Tags: , , ,
trackback

BANYUWANGI-Nilai kelulusan ujian nasional (Unas) SMP dan MTs di Banyuwangi diumumkan kemarin (7/5). Dari 22.241 siswa, yang dinyatakan lulus 20.939 siswa. Siswa yang tidak lulus Unas sebanyak 1.302 siswa.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dispendikpora) Banyuwangi, dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi, sebanyak 1.302 siswa tersebut terdiri atas 1.078 siswa SMP, dan 224 siswa MTs.

Kepala Dispendikpora Banyuwangi, Sulihtiyono, mengatakan bahwa siswa yang tidak lulus jangan berkecil hati. Sebab, masih ada ujian ulang yang bisa digunakan oleh para siswa sebagai sebuah kesempatan untuk memperbaiki NUN. “Selain itu, kelulusan tidak hanya ditentukan hasil Unas,” tuturnya.

Sepuluh besar peraih NUN tertinggi didominasi SMPN 1 Cluring. Dari empat mata pelajaran yang diujikan, dominasi nilai 10.00 ada pada pelajaran matematika.

Sementara itu, tidak terlihat euforia perayaan kelulusan seperti kelulusan SLTA. Untuk mencegah tindakan negatif, pihak sekolah mengumumkan kelulusan tingkat SMP dan MTs dengan berbagai cara.

Seperti yang terlihat di SMPN 1 Banyuwangi. Sejak pagi, tidak ada perayaan kelulusan para siswa. Sebab, siswa kelas IX sengaja diliburkan. Pengumuman bisa diakses melalui website sekolah.

Berbeda dengan SMPN 2 Banyuwangi. Siswa kelas IX yang sudah datang sejak pagi dipulangkan pada pukul 08.00. Kepala SMPN 2 Banyuwangi, Subiyanto, sengaja memulangkan siswa lebih awal. Hal itu dilakukan untuk menghindari kegiatan negatif siswa pada saat pengumuman. Surat pengumuman kelulusan dikirim lewat kurir ke rumah siswa. “Bagi yang mendapat surat, berarti tidak lulus. Sementara yang tidak mendapat surat, berarti lulus,” jelasnya.

Subiyanto mengatakan, dari 309 peserta Unas di sekolah itu, hanya dua siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Sementara itu, situasi tenang juga terlihat di SMP Muhammadiyah 3 Banyuwangi. Wakasek kesiswaan SMP Muhammadiyah 3, Tjahjono Rudi Rijanto mengatakan, semua orang tua siswa diundang ke sekolah pukul 10.30. Namun, sejak pukul 07.00, beberapa guru sudah mendatangi rumah siswa yang tidak lulus itu. Guru tersebut mengantarkan surat pengumuman kepada orang tua siswa. “Sehingga, bagi para siswa yang tidak lulus, orang tua tidak perlu datang ke sekolah,” tuturnya.

Rudi menjelaskan, dari 69 siswa yang mengikuti Unas, 20 siswa tidak lulus atau 29 persen. Saat ini, pihaknya sedang mempersiapkan siswa yang tidak lulus itu untuk mengikuti ujian ulang pada tanggal 17 hingga 20 Mei 2010. Salah satu persiapannya, memberikan pelajaran tambahan bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus.

Sementara itu, data Kemenag Banyuwangi menunjukkan tingkat kelulusan Unas MTs tahun ini mencapai 96,61 persen. Tingkat kelulusan MTs tahun ini kurang lebih sama seperti tahun lalu.

Sebanyak 6.607 peserta di 77 MTs di Banyuwangi mengikuti Unas 2010. Dari jumlah itu, sebanyak 6.383 dinyatakan lulus, dan 224 peserta dinyatakan tidak lulus. Berarti ada 3,39 persen siswa yang tidak lulus. Untuk NUN tertinggi MTs diraih oleh siswa dari MTsN Srono dengan nilai 37,85.

Kasi Madrasah dan Pendidikan Agama (Mapenda) kantor Kemenag Banyuwangi, Hairomi Hasyim mengatakan, pihaknya bersyukur dengan hasil Unas tahun ini. Dia mengimbau agar semua siswa menerima hasil Unas ini dengan senang hati. Bagi siswa yang dinyatakan lulus diminta tidak terlena. Sebab, standar kelulusan juga dipengaruhi nilai-nilai yang lain. Bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus, jangan berkecil hati dan patah semangat. Sebab, masih bisa menempuh Unas ulang. “Intinya, saya berharap kepada semua siswa agar nanti melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan tidak berhenti sampai di jenjang ini,” ujarnya. (mg2/bay)
sumber :radar banyuwangi, 8 mei 2010

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: