jump to navigation

Tips Membeli Handphone Bekas Mei 22, 2010

Posted by idayantie in tips.
Tags: , , , , , , ,
trackback

hp yang dijual

Tips ini dapat dipakai sebagai acuan agar tidak tertipu sama penjual. Soalnya Hand phone sekarang ini semakin berkembang dengan pesat, dan telah menjadi kebutuhan bagi setiap orang.  Bayangkan sehari saja kita tidak pegang Handphone rasanya jari ini gatal ingin pencet-pencet sesuatu. Handphone ada bermacam-macam merk, type dan produk mulai dari yang paling murah sampai dengan yang mewah dengan teknologi tinggi misalnya handphone yang disertai dengan fasilitas PDA, 3G, kamera digital, bluethooth dan lain-lain, semakin banyak fitur-fiturnya akan semakin mahal harganya.

Karena harga handphone baru lebih mahal, banyak diantara kita lebih suka membeli handphone bekas, dengan harga lebih murah kita bisa mendapatkan fitur yang lebih komplit daripada membeli yang baru.

Berikut ini kami sampaikan beberapa Tips membeli Handphone bekas yang harus kita perhatikan diantaranya :

* Harga pasar, inilah yang menjadi syarat utama membeli hp bekas untuk harga di setiap toko pasti berbeda-beda untuk patokan harga anda bisa lihat di iklan baris atau tabloid pulsa atau tabloid sms lalu samakan dengan harga di toko jika di toko terlalu mahal di banding harga di iklan baris langsung saja bilang “harga anda di atas pasaran” dari situ anda langsung memberi penawaran dengan harga terendah, untuk yang lain sebelum membeli anda bisa survei dari toko satu ke toko bandingkan perbedaannya sesuai tidak dengan harga pasar.

* Garansi, ini yang penting apakah itu garansi resmi / garansi toko, cek dulu apakah handphone yang akan anda beli untuk garansi resminya apakah masih berlaku. Garansi toko yang bagus adalah masa garansi minimal 3 bulan.

* Baterai, ini yang menjadi momok dalam membeli handphone bekas, baterai menjadi drop (lowbat). Ada trik untuk mengetahui baterai tersebut masih bagus apa tidak..?

pertama perhatikan permukaan baterai apakah rata atau tidak?. Jika tidak rata (menggelembung) itu berarti baterai sudah uzur harus di ganti.

kedua cobalah memainkan menu suara, ringtone, call, getar, mp3, jika kita memainkan menu itu dalam 2-5 menit jika indikator tanda batere penuh lalu anda memainkan menu dan tiba-tiba ada tulisan batere lemah maka ketahuan batere itu sudah soak. Untuk baterai HP merk Nokia yang asli bergambar tangan sedang berjabatan dan berhologram.

* Layar LCD, ini juga penting karena bagian ini suku cadangnya lumayan mahal. Walau banyak yang murah tapi kualitasnya jelek. Trik untuk mengetahui qualitas LCD masih bagus /tidak bisa anda cek dengan melihat permukaan LCD dari samping kanan kiri atas bawah jika warna LCD agak gelap atau permukaan LCD ada bercak hitam tidak merata seperti gosong berarti LCD tersebut qualitasnya jelek dan bekas di servis.

Ada cara lain melihat qualitas LCD yaitu dengan menekan bagian luar atas dan bawah bingkai LCD jika di tekan lalu lepas perhatikan apakah di layar menu tetap utuh atau sudah buram.

* Body bagian dalam, lihatlah permukaan mika bening di keypad perhatikan di baut penutup apakah terlihat retak /masih mulus?

* Segel, ini penting lihat apakah segel hologram nokia masih terpasang atau sudah dilepas jika sudah terlepas atau tidak ada lagi, berarti hp tersebut pernah di servis.

jenis hape

* Signal atau sinyal, merupakan nyawa dari sebuah handphone banyak kasus di hp nokia adalah tejadi no signal kerusakan sinyal untuk penggantian sparepart-nya saja sekitar 200ribu. Namun banyak diakali dengan diservis dengan cara mengangkat sinyal tersebut untuk sementara waktu lalu di jual. Untuk mengecek sinyal ada cara yang ampuh yaitu menggunakan kartu SIMPATI jika menggunakan simpati jika sinyal terlihat naik turun terlalu lama mungkin sinyal sudah bobrok. Karena Sinyal simpati sangat mudah ditangkap di banding kartu lain.

*Dus pembungkus dan buku panduan, cocokkan apakah dus itu benar-benar dus yang sesuai dengan handphone yang tertera ? Untuk mencocokkan antara dus dan handphone bisa dilihat dari no IMEI yang tertera di balik baterai dan di samping dus cocokan apakah nomornya sama. Jika berbeda bisa jadi itu handphone curian.

Jika nomor imei tidak ada, Anda bisa mengetahui dengan cara menekan *#06# pada keypad ponsel dan nomor IMEI akan muncul di layar ponsel. Cocokan nomor yang tampil di layar dengan yang ada di label

* Cek tahun pembuatan, mengecek tahun pembuatan adalah penting berguna untuk mengetahui berapa lama digunakan. Untuk mengecek tahun pembuatan dengan cara menekan *#0000# (Nokia) pada keypad maka tahun pembuatan akan muncul di layar LCD.

Nah, kalau sudah tahu tips ini, anda bisa membeli handphone seken dengan kondisi yang tidak jauh berbeda dengan yang baru dan juga tidak terlalu mengecewakan. Semoga tips ini bermanfaat.

http://surabayamuda.com/?p=518

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: