jump to navigation

Indahnya Fenomena Supermoon Maret 20, 2011

Posted by idayantie in pengetahuan.
Tags: , , ,
trackback

Ruanghati.com. Malam ini, Sabtu 19 Maret 2011, Bulan berada dalam jarak terdekatnya dengan Bumi, sejak 18 tahun lalu. Fenomena ini disebut lunar perigee atau ‘supermoon’. Waktunya yang bertepatan dengan purnama, membuat Bulan nampak lebih terang dan lebih besar. Masyarakat Bali salah satu yang beruntung bisa menyaksikannya. Cuaca di Pulau Dewata sangat cerah, tidak ada mendung yang menutupi langit.

Keindahan bulan saat terjadi fenomena Supermoon malam ini begitu indah dan besar, sangat jarang terjadiKeindahan bulan saat terjadi fenomena Supermoon malam ini begitu indah dan besar, sangat jarang terjadi (Klik Gambar untuk ukuran lebih besar) 

Bulan terlihat sangat terang dan lebih besar dari biasanya. Bias cahaya di pinggir Bulan nampak terang dan melebar. Bulan juga nampak lebih dekat. Orang Bali menyebut fenomena kedekatan Bulan ini dengan istilah ‘mekalangan’ atau bulan besar. Di tepi Danau Beratan, Bedugul, Bali jadi lokasi untuk melihat fenomena unik ini. Pantulan supermoon memancarkan bayangan di atas air danau. Shendy Tyara (24) pengunjung asal Kediri Jawa Timur misalnya, dirinya mengaku baru pertama kali datang ke Bedugul di saat momen yang sangat tepat.

Inilah Foto Bulan Supermoon yang diambil ruanghati.com tepat diats kota Surabaya malam iniInilah Foto Bulan Supermoon yang diambil ruanghati.com tepat diats kota Surabaya malam ini 

“Saya baru pertama kali kemsini dengan suami, dan kebetulan momennya yang pas dengan supermoon. Saya rasa tidak rugi kesini karena memang indah sekali melihat terang bulan ditepi danau,” ujarnya, Sabtu malam, 19 Maret 2011. Dan tentu saja momen ini mendatangkan rejeki bagi para pedagang bakso, jagung bakar, dan sate kelinci.

“Biasanya kalau malam jarang ada pembeli karena memang danau biasanya dikunjungi pada siang hari saja,” ujar Kadek, salah seorang pedagang jagung bakar. Di Pura Ulundanu Beratan yang terletak ditepi danau itu pun banyak umat Hindu Bali yang melaksanakan upacara “Purnama Kedasa” atau purnama kesepuluh, dimana bulan pada hari tersebut merupakan bulan yang paling terang.

Setiap bulan dimana terdapat bulan purnama, umat Hindu Bali selalu melaksanakan upacara “Purnama” di Pura.  Fenomena supermoon juga bisa dilihat di Surabaya. “Bulan terlihat besar, bulat, dan berwarna oranye,” kata salah seorang warga, Herry Widyanto, melalui Facebook.

Sementara itu Sekitar pukul 20.00 Wita, supermoon sudah tampak di Makassar dan sekitarnya.Namun, hal itu hanya sesaat karena mendung tiba-tiba menutup sejumlah wilayah di Makassar dan sekitarnya. Puncak kemunculan supermoon diperkirakan hingga Minggu (20/3/2011) dini hari sekitar pukul 03.00 WIB.  Sayangnya, Ibukota DKI Jakarta malam ini mendung.

Astronom Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), mengatakan, fenomena Supermoon sudah bisa di saksikan di seluruh wilayah Indonesia malam ini, Sabtu, (19/03/2011). Bulan Purnama di Makassar sudah terbit sejak magrib dan fenomena ini dapat di saksikan dengan mata telanjang karena langit di Makassar cerah.  Posisi bulan sangat dekat jaraknya dengan bumi dalam kurun waktu siklus 18 tahun. Bulan hanya akan berjarak 221.567 mil atau 356.578 kilometer dari Bumi.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: